Gumuk Pasir Parangtritis, sumber ig eksotika_jogja

Menikmati Keindahan Gumuk Pasir di Bantul Yogyakarta

Yogyakarta sangat terkenal dengan tempat-tempat wisatanya yang unik dan menarik. Apalagi obyek wisata pantainya yang tersebar banyak sekali. Terutama di daerah selatan Yogyakarta yakni di Kabupaten Bantul seperti Parangtritis misalnya. Inilah yang menjadi daya tarik tersendiri buat para wisatawan asing untuk berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta. Di daerah sekitar pantai Parangtritis terdapat dua gumuk pasir yang menarik untuk kita kunjungi. Karena tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan yang sangat eksotis seperti di pemandangan yang ada di gurun pasir Timur-Tengah.

Lokasi Dan Rute Menuju Gumuk Pasir

Ada dua gumuk pasir yang sangat terkenal di Yogyakarta, yaitu gumuk pasir Parangkusumo dan gumuk pasir Parangtritis. Jenis wisata ini sangat unik, yang bisa jadi lokasi wisata populer seperti wisata di pulau Lombok tidak memilki hal yang serupa lho. Lokasi dari gumuk pasir Parangkusumo ini berada tepat di tengah-tengah dua pantai yaitu antara pantai Parangtritis dan Pantai Depok. Sedangkan untuk lokasi gumuk pasir Parangtritis terletak di timur pantai Depok atau sebelah barat pantai Parangtritis. Lokasinya sangat mudah untuk di jangkau sehingga wisatawan tidak perlu merasa kuatir. Rute untuk menuju tempat ini adalah dari arah pusat Kota Yogyakarta lurus ke selatan melewati jalan Parangtritis. Maka sampailah di laut yaitu pantai Parangtritis.

Gumuk Pasir Bantul, sumber ig explore.bantul
Gumuk Pasir Bantul, sumber ig @explore.bantul

Hal Menarik Dan Yang Bisa Kita Lakukan Di Tempat wisata Gumuk Pasir

Gumuk pasir di Parangtritis dan Parangkusumo ini terjadi karena fenomena alam. Pasir yang berada di pantai Parangtritis ini adalah berasal dari material vulkanik Gunung Merapi. Material ini terbawa oleh arus sungai Opak yang terbawa hanyut sampai pada muara laut selatan. Proses selanjutnya adalah karena pengaruh dari gempuran ombak air laut yang terus menerus menerjang material vulkanik yang terbawa arus tadi. Gempuran ombak ini menyebabkan material vulkanik tergerus menjadi pasir yang sangat halus sekali. Butiran-butiran pasir ini akhirnya tersapu oleh angin hingga sampai ke daratan. Maka terciptalah sebuah gurun pasir atau oleh warga setempat dinamakan gumuk pasir.

Klik sewa mobil wisata Jogja!

Gumuk Parangkusumo, menurut warga setempat dan wisatawan yang pernah berkunjung ke sana sangat mirip dengan gurun Sahara di Afrika Utara. Tak heran kalau jumlah wisatawan yang berkunjung kesana semakin hari semakin bertambah. Karena ini menjadi magnet tersendiri untuk menarik para wisatawan. Pemerintah setempat juga sangat peduli terhadap destinasi wisata yang satu ini. Terbukti tempat wisata ini sekarang sudah dikelola dengan baik sekali. Di tempat ini kita bisa menikmati pemandangan yang indah, sekedar berfoto/selfi sama pasangan atau teman. Selain itu kita bisa bermain pasir sepuasnya atau merasakan sensasi berseluncur menggunakan papan seluncur (Sandboarding) dari atas bukit yang berada di sekitar gumuk pasir ini.

Pemandangan Gumuk Pasir Malam Hari, sumber ig infiatravel
Pemandangan Gumuk Pasir Malam Hari, sumber ig @infiatravel

Pesan Dan Saran

Kepada Pemerintah Wilayah setempat mohon untuk lebih ditingkatkan lagi cara tata kelolanya. Misalnya dengan berkreasi untuk menciptakan spot wisata yang lebih menarik lagi, agar para wisatawan merasa lebih tertarik untuk berkunjung lagi di setiap hari libur. Bagi yang belum pernah berkunjung kesini pasti merasa rugi. Karena kedua gumuk pasir disini adalah satu-satunya tempat wisata pasir yang paling indah di Indonesia. Harga tiket masuknya juga murah sekali.

Gundukan pasir ini konon ceritanya hanya ada dua di dunia. Yang pertama ada di Meksiko, dan yang kedua yang paling dekat adalah gumuk pasir Parangkusumo. Kedua gumuk pasir di Daerah Istimewa Yogyakarta ini setiap hari selalu ramai oleh para pengunjung baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Demikian ulasan mengenai keunikan gumuk pasir yang merupakan salah satu spot wisata di Yogyakarta. Bagi anda yang berkesempatan untuk mengunjungi Yogyakarta, cobalah untuk berkunjung ke sana. Untuk ulasan lainnya mengenai spot wisata Gunung Ireng, silahkan kunjungi halaman lainnya di website ini. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah referensi wisata anda. Selamat berwisata!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *