Menikmati Sensasi Puncak Diselimuti Kabut di Gunung Ireng

Tidak hanya berwisata dalam air saja, namun Jogjakarta juga memiliki potensi wisata yang tinggi dan unik untuk dimanfaatkan dengan berbagai aktivitas. Untuk itu, bagi siapapun yang menginginkan lebih dari aktivitas wisata pada umumnya, nikmatilah wisata Gunung Ireng. Wisata gunung Ireng Jogja memberikan pesona menarik bagi pengunjungnya dengan kesan yang tak pernah terlupakan. Sehingga para wisatawan dijamin tidak akan kecewa jika mendatangi daerah wisata ini.

Menurut folklore setempat, diceritakan bahwa ada seorang tokoh pewayangan bernama Raden Bratasena atau Bima yang gagah perkasa. Suatu ketika, monyet-monyet yang menempati Gunung Merapi berbuat gaduh. Atas kenakalan monyet-monyet ini Raden Bratasena marah dan berupaya mengusirnya. Namun tendangan Bratasena melesat hingga mengenai salah satu bukit di Gunung Merapi sehingga bukit ini terlepar hingga ke bagian selatan di Gunung Kidul menjadi Gunung Ireng.

Lokasi Dan Rute Menuju Gunung Ireng

Berbeda dari wisata-wisata yang biasanya, mendatangi obyek wisata alam sambil mendaki gunung adalah kesukaan para wisatawan pencinta alam untuk merasakan sensasi pemandangan alam yang indah. Saat ini Jogjakarta membuka wisata alam pendakian di Gunung Ireng sebagai objek baru pendakian bukit yang beralaskan bebatuan besar. Objek wisata Gunung Ireng Jogja ini berada di Dusun Srumbung, desa Pengkok, kec. Patuk, kab. Gunung Kidul Yogyakarta. Banyak pengunjung atau wisatawan yang penasaran dengan keindahan panorama di pegunungan ini.

Sewa mobil wisata Jogja? Klik di sini

Rute untuk sampai ke lokasi ini bisa melalui pusat kota Jogja dengan menempuh jarak perjalanan sepanjang 30 Km. Berjalan menuju arah selatan akan bertemu dengan ring road, kemudian melewati perempatan ketandan tepatnya jalur jalan Wonosari. Mengikuti arah jalan menuju ke pengkok, lalu mengikuti petunjuk arah menuju ke pertigaan kebun Kuning. Disana anda akan menemukan sebuah plang yang menunjukkan ke arah kanan menuju ke gang Gunung Ireng.

Berada di pegunungan Ireng memberikan sensasi suasana yang menyegarkan. Walaupun dingin tapi kondisi cuaca membuat wisatawan semakin betah untuk menikmati tempat wisata ini. Terdapat hamparan pemandangan sawah dan perkebunan luas dari kejauhan yang menyejukkan mata. Sangat cocok bagi anda yang ingin menghindar sejenak dari hiruk pikuk perkotaan.

Suasana Dari Atas Gunung Ireng, sumber ig joko_slonjor
Suasana Dari Atas Gunung Ireng, sumber ig @joko_slonjor

Keindahaan Yang Dihadirkan Dari Gunung Ireng

Gunung Ireng berisi lautan warna hijau dari pepohonan yang rimbun serta menggambarkan kesejukkan udara alami yang terdapat di sana. Ditambah dengan adanya kabut asap yang tebal, hingga terkadang menutupi bagian puncak gunung yang menciptakan suasana dengan sensasi nyaman. Fenomena ini jarang sekali ditemukan oleh para pendaki atau wisatawan di sana. Sehingga anda harus mendapatkan informasi terlebih dahulu di saat kapan suasana tersebut muncul jika ingin menikmatinya.

Selain menikmati kesegaran dan pemandangan asrinya, anda juga dapat menikmati sunrise dan sunset dari puncak gunung ini. Untuk menikmati sunrise, anda harus bersedia untuk bangun lebih awal. Perhitungkan waktu pendakian dengan informasi terbitnya matahari. Karena jika tidak, anda bisa melewatkan momen sunrise dari puncak gunung. Sedangkan untuk menikmati sunset relatif lebih mudah. Anda tinggal mendakinya di sore hari. Untuk menikmati wisata Gunung Ireng anda cukup membayar retribusi sebesar Rp. 5.000. Retribusi ini sebagai tiket masuk sekaligus biaya parkir.

Saran Tambahan

Berwisata sekaligus menikmati keindahan alam memiliki keunikan tersendiri. Biasanya wisata merupakan momen untuk menikmati liburan dengan cara bersantai, namun untuk menikmati keindahan alam anda harus melakukan usaha yang lebih besar sebab obyek-obyek wisata alam seperti Gunung Ireng tidak bisa diakses hingga ke puncaknya kecuali anda harus mendakinya. Namun, usaha ini akan terbayar dengan kenidahan yang anda nikmati dari atas puncak gunung ini.

Demikian ulasan menarik mengenai wisata Gunung Ireng. Semoga dapat menambah informasi bagi siapa saja yang ingin mencobanya. Jika Anda ingin membaca artikel lain mengenai tips liburan ke Jogja, silahkan baca di sini. Selamat berwisata sekaligus berpetualang! Jika ingin mengambil paket wisata Jogja ke lokasi ini, silahkan hubungi kami. Kami siap membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *