Hutan Mangrove Kulon Progo, sumber ig elstor05

Spot Wisata Kekinian Hutan Mangrove Kulon Progo

Kalau membicarakan obyek wisata yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta itu tidak akan ada habisnya. Dari waktu ke waktu ada saja spot tempat wisata yang dibuat hasil dari tangan-tangan kreatif anak negeri ini. Semua itu menjadikan Yogyakarta sebagai destinasi wisata paling di buru oleh para wisatawan lokal hingga mancanegara. Bermacam wisata seperti berburu kuliner, museum bersejarah, desa wisata, pantai dan lain sebagainya.

Satu lagi destinasi tempat wisata di Yogyakarta yang sangat digandrungi oleh wisatawan saat ini yaitu hutan mangrove Kulon Progo. Selain bermanfaat untuk mencegah abrasi air laut, tempat wisata yang satu ini menyajikan suasana pantai yang dihiasi dengan berbagai pohon bakau. Akar dari pohon ini selalu terlihat menarik bagi setiap wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Lokasi Dan Rute Menuju Tempat Wisata Hutan Mangrove Jogja

Lokasi hutan mangrove terletak di dusun Pasir Mendit, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lebih tepatnya lagi 15 Km dari pantai Congot ke arah barat dan terletak di sebelah barat nya Sungai Bogowonto. Sedangkan rutenya adalah jika menempuh perjalanan dari arah kota Yogyakarta adalah arah ke barat yaitu jalan Wates. Setelah sampai di pertigaan patung kuda kemudian ke kiri menuju arah kota Purworejo. Dari sini berjalan lurus hingga sampai ke terminal Wates, lalu menuju ke barat sampai menemui pertigaan dan mengarah kiri melewati sebuah jembatan. Dari jembatan ini kemudian belok ke kiri lagi, dari sini anda akan menemui banyak sekali penunjuk jalan ke arah lokasi wisata hutan Mangrove Kulon Progo.

Hutan Mangrove Kulon Progo, sumber ig fatihbaguz
Hutan Mangrove Kulon Progo, sumber ig @fatihbaguz

Hal-hal Yang Menarik Dari Wisata Hutan Mangrove Jogja

Hutan mangrove ini menjadi terkenal bermula dari dibangunnya jembatan yang terbuat dari bambu. Hal ini merupakan cikal bakal dari pembuatan spot tempat wisata hingga seperti sekarang ini. Bagi yang hobby berfoto atau selfi tempat ini bisa menjadi latar yang indah juga instagramable. Dengan background hamparan hutan bakau yang hijau pemandangan akan semakin terlihat eksotik. Bagi anda yang sudah punya pasangan jangan melewatkan kesempatan untuk berfoto di tempat yang terdapat spot bingkai asmara. Spot ini berlatar belakang kayu dan hutan mangrove.

Klik sewa mobil wisata Jogjakarta!

Pemandangan yang serba hijau terlihat membentang di aliran sungai Bogowonto dan sekitarnya. Suasana yang benar-benar memanjakan mata bagi siapa saja yang melihatnya. Spot lain dari tempat wisata ini adalah jembatan api-api. Jembatan ini merujuk pada jenis pohon mangrove yang berada di kawasan wisata ini yaitu avicennia germinas. Kepada wisatawan harap hati-hati pada saat melintasi jembatan ini karena tidak ada pembatas antara bagian sisinya. Jika bersama dengan pasangan bisa bergandengan tangan saat melewatinya sambil menikmati udara pantai yang segar dan nyaman.

Saran

Kepada pemerintah setempat hendaknya lebih memperhatikan keselamatan para pengunjung. Sebaiknya sudah dibuat pengaman-pengaman yang menjaga keselamatan para wisatawan. Terutama pada spot-spot tempat foto agar diberi pembatas jadi tidak membahayakan. Juga pada jembatan api-api agar di beri pembatas juga, sehingga para wisatawan tidak merasa was-was.

Dengan harga tiket masuk sebesar Rp 3.000,- dan parkir motor Rp 2.000,-/mobil Rp 5.000,- anda sudah bisa menikmati indahnya pantai Hutan Mangrove Kulon Progo yang indah dan eksotik. Jangan lupa untuk mengajak teman, saudara atau pasangan anda pada saat mengunjungi tempat wisata ini.

Demikianlah pembahasan mengenai objek wisata Hutan Mangrove Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta. Masih terdapat objek-objek wisata yang bisa anda kunjungi di tempat-tempat lainnya di daerah kabupaten Kulon Progo. Semoga ulasan ini bermanfaat serta bisa menambah referensi anda dalam berwisata dan jangan lupa untuk melihat ulasan lainnya tentang wisata Jogjakarta di sini. Tetap jaga keselamatan dan selamat berwisata!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *